Seni Musik Non Klasik

Seni Musik Non Klasik
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Seni Musik Non Klasik


Musik klasik dan non klasik merupakan istilah yang sering di-pergunakan dalam kehidup-an musik sehari-hari, namun penger-tiannya belum jelas. Pada awalnya tidak ada istilah musik klasik atau gaya klasik. Menurut Ensiklopedi Indonesia dijelaskan bahwa klasik berarti suatu kar-ya jaman lampau yang mempunyai nilai tinggi serta ilmiah dan mem-punyai kadar keindahan yang tidak akan luntur sepanjang masa. Pada dunia musik, terminologi klasik sering dika-itkan dengan tradisi musik di dunia Barat dengan penggunaan instrumen yang mengacu pada tradisi Barat. Dalam sejarah musik, kata klasik mengacu pada sebuah periode tertentu yang ditandai oleh wafatnya Johan Sebastian Bach (1750) dan berakhirnya jaman Barok.

Franz Schubert merupakan komponis zaman klasik dari Austria, meskipun karya-karyanya digolongkan ke dalam komposisi jaman Romantik periode 1820-1900. Istilah klasik dapat pula diartikan sebagai “puncak” perkembang-an dari suatu kebudayaan/kesenian yang berpengaruh pada jaman berikutnya, sehingga menimbulkan gaya baru. Walaupun demikian, bukannya jaman/gaya sebelumnya hanya dipandang sebagai karya-karya yang kurang sempurna. Dengan demikian sangat penting untuk mengkaji lebih dalam bahwa perkembangan kebudayaan/kesenian selalu terdiri dari banyak unsur yang saling berkaitan dan saling melengkapi. Perkembangan musik klasik nampak pada figur komponis Joseph Haydn dengan karya pertamanya berbentuk Simphoni No. 1 yang di cipta pada tahun 1759. Komponis tersebut mempelopori bentuk musik baru pada waktu itu dengan susunan : Presto-Andante Cantabile-Menuetto-Scherzando. Pada umumnya pada jaman klasik instrumen musik yang digunakan dalam musik orkes klasik adalah :

 - Biola 1 
- Biola 2
- Picolo
- Oboe
- Alto
- Klarinet
- Cello
- Bassoon
- Bass
- Contra bassoon
- Terompet
- Trombone
- Horn
- Timpani
  
Musik non klasik merupakan istilah yang sering digunakan dalam kehidupan dunia musik sehari-hari. Intinya dalam tinjauan bahasa merupakan lawan kata dari musik klasik. Musik non klasik adalah bagian yang sangat luas dari kehidupan musik secara umum . Perlu dipahami bahwa definisi formal tidak akan berhasil untuk men-jelaskan secara tegas, karena definisi itu sendiri mengungkapkan makna, keterangan, ciriciri utama, ruang lingkup dan sebagainya. Secara umum definisi itu sendiri bersifat memberikan batasan, sementara musik non klasik akan sulit sekali untuk didefinisikan secara tegas.

Pengertian umum yang paling simpel untuk masyarakat awam ter-hadap musik non klasik adalah musik populer, dengan kelompok band sebagai bentuk ekspresinya, sehingga dalam buku ini disajikan berbagai macam latihan, lagu, style dan karakter setiap alat musik pada kelompok band. Instrumen musik yang dipergunakan pada ke-lompok band pada umumnya terdiri dari : vokal, gitar, bass gitar, saxophone, keyboard, dan drums. Walau-pun tidak menutup kemungkinan ada penambahanpenambahan instrumen musik yang lain.
Pada intinya, musik non klasik adalah bagian yang sangat luas dari makna musik secara umum sehingga sangat perlu dipahami bahwa definisi formal tidak akan berhasil menjelaskan secara akurat. Definisi tentang musik non klasik dapat didefinisikan sebatas memberikan batasan-batasan saja. Hal ini juga akan mempengaruhi pula ruang lingkup pekerjaan yang tidak mungkin ditentukan secara formal.

Ruang lingkup materi seni musik non klasik adalah meliputi pengetahuan alat-alat musik, yang meliputi tentang karakter setiap ins-trumen musik seperti kompas/ambitus dan struktur dari instrumen musik. Pengetahuan ini merupakan dasar untuk mempelajari alat musik sebagai instrumen individu dan penyusunan aransemen.

Instrumen Pokok (PIP) adalah instrumen pilihan yang merupakan instrumen mayor. Meliputi vokal, keyboard, gitar, bass gitas, saxophone dan drum. Secara garis besar materi disajikan meliputi: penyeteman (general/ tuning, harmonic tuning, quick tuning), fingering, picking, teknik tabulatur, major scale, minor scale, skiping, dumping, sliding, slur, bending, vibrator, staccato, arpegio, akor, barrechord, power chord, sound control, sound effect dan dilengkapi dengan etude/latihan; Materi bass gitar meliputi pengetahuan berbagai macam bass gitar, notasi musik yang diper-gunakan dalam bass gitar, cara bermain, penguasaan teknik, etude serta penguasaan repertoir musik. Harmonisasi di dalam bass gitar memegang peranan yang sangat penting dalam keseluruhan alur sebuah melodi. Nada bass adalah nada-nada yang mempunyai frekuensi rendah sehingga statusnya dapat menegaskan harmoni dari sebuah accord yang sedang dimainkan. Nada-nada yang dihasilkan dari bass secara tidak langsung akan menjadi patokan harmoni sehingga akan membantu mempertegas aksen-aksen yang sedang dimainkan; Materi dalam bermain keyboard terdiri dari 2 macam, yaitu : bermain keyboard dalam anrambel (band) dan bermain solo keyboard ditambah dengan penguasaan teknologi berupa MIDI (Musical Instrument Digital Interface); Materi drums dalam bab ini mengupas beberapa hal antara lain teknikteknik pukulan pada snare drums, cymbal, hi-hat dan bass drums, paradidle, flame, draf, ruff dan sebagainya. Irama disajikan berbagai jenis pola irama, seperti : slow rock, rock beat, latin rock, bossanova, funk beat, samba dan lain-lain. Buku ini selain untuk memperkenalkan jenis alat musik tersebut, juga sejarah dan perawatannya.


Istilah terkait musik non klasik : alat musik, alat musik modern, alat musik tradisional, musik modern indonesia, musik tradisional, pengertian musik, pengertian musik modern, seni musik, seni musik modern, walzer musik modern




---
Sumber Facebook:/notes/smk-negeri-10-bandung/seni-musik-non-klasik/499593320090474

Label

25 nabi 62 Daftar SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Bandung Aa Gym Animasi Bandar Lampung bandung Banjarnegara Basis Bekasi berita Boarding School Broadcasting Cari SMK di Bandung? Yaa SK Telkom Bandung! chatting Cirebon Depok Design Engineering Dewan Dewan Pendidikan Dewan Pendidikan Kabupaten Wonosobo Entrepreneurship Geografi Hardening ICT Ikan Indonesia Industri Informasi Information and Communications technology Inspiratif Internet jakarta Jambi jawabarat Jepara jogjakarta Jogyakarta Kabupaten Kabupaten Wonosobo Kapal kejahatan Kesehatan Kewirausahaan kisah Komputer Komunikasi otomotif. KOTA BEKASI Kota Cimahi Lomba Menulis Cerpen MA Menulis Skenario film & Membuat Komik Menulis Syair Model motivasi MTs Muhammadiyah musik nabi Nasional Nautika Nautika Kapal Penangkap Ikan Negeri NKPI NKPI : Jurusan SMK yang Menjanjikan olahraga Otomotif Pacitan Pembelajaran Penagkap pendidikan Pengertian Pengertian Entrepreneurship (Kewirausahaan) Penyiaran perhotelan Profil prolog Prosedur Purwodadi rasul Rohis Rohis SMK Negeri 9 Jakarta Salatiga Samarinda Sejarah Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Semarang sepakbola Singaraja SMKN Siswa SMK Memiih untuk Kuliah? SMA SMK SMK Al-​farisy Internasional Kota Cimahi SMK Daarut Tauhid SMK Negeri 2 Samarinda Smk Negeri 3 Bandar Lampung SMK NEGERI 6 KOTA BEKASI SMK Swasta Kurang Diminati di Banjarnegara SMKN SMKN 1 Sumenep SMKN 3 SMKN 3 Singaraja SMKN 7 Semarang Terapkan Tes Kesehatan yang Ketat SMP SMU solo soreang sosial media Subang Sumenep Surabaya Swasta tata boga Tausyiah Tausyiah Aa Gym di SMK Daarut Tauhid Boarding School Teknologi Tes TIK tips Ujian ulasan UNBK Verifikasi We-Chat Wonosobo